Be Your Inspiration

Friday 27 February 2015

Bangun Jaringan Komunikasi, Menkominfo Rudiantara Prioritaskan Destinasi Andalan


Menkominfo Rudiantara
MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata akan memprioritaskan pembangunan jaringan Teknologi Informasi dam Komunikasi (TIK) pada daerah-daerah yang menjadi destinasi wisata andalan di masing-masing daerah. Pembangunan jaringan TIK itu termasuk juga akan dilakukan di Lombok, NTB karena merupakan salah satu daerah tujuan wisata nasional dan dunia.

‘’Pengembangan ekonomi kepariwisataan merupakan tujuh fokus program pemerintah pusat selain kemaritiman. Dalam kepariwisataan kami lakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata.
Lokasinya nanti dimana , nanti bersama operator kami  akan address,” kata Rudiantara dikonfirmasi usai menghadiri penandatanganan MoU antara Pemprov NTB dan PT. XL Axiata di Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Kamis (26/2/2015).

Ia mengatakan, dengan luasnya daerah di seluruh Indonesia maka tentu tak bisa dilakukan sekaligus penyediaan jaringan TIK tersebut. Namun, itu akan dilakukan secara bertahap dan diprioritaskan pada daerah-daerah yang memang menjadi tujuan wisatawan.

‘’Prioritas ini dilakukan oleh sektor kepariwisataan. Berdasarkan prioritas yang diberikan sektor kepariwisataan itu kita bahas di industri TIK. Kita address mana yang prioritas,”tambahnya.

Terkait dengan pemberian layanan informasi dan telekomunikasi merupakan salah satu hak setiap warga negara. Untuk itu, katanya, tugas pemerintah baik pusat dan daerah untuk memberikan pelayanan. Sehingga, pemerintah sesuai tingkatannya mempunyai kewajiban masing-masing.

‘’Pemerintah daerah menyiapkan lahan, operator membangun BTS, Kominfo mensubsidi transmisi satelitnya. Jadi, semuanya bergerak,’’ imbuhnya. Tahun 2019 mendatang, kata Rudiantara, pemerintah pusat menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 20 juta orang. Angka ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan angka kunjungan wistawan pada 2014 yang mencapai 9 juta orang lebih. (nas/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive