Be Your Inspiration

Wednesday 18 February 2015

Melon Sembalun Tembus Harga Rp 1,5 Juta di Jepang

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi mengunjungi
  agrowisata Sembalun, Minggu (15/2/2015). 
Melon, salah satu produk pertanian di Sembalun yang dikelola PT. Agrindo Nusantara memiliki cita rasa berbeda. Bahkan, di Jepang, satu buah melon dijual seharga Rp 1,5 juta. Harga  yang tidak main-main. Selain diekspor ke Jepang Hongkong, Thailand dan Singapura, Hasil produksi perusahaan tersebut juga dipasok di dalam negeri.

“Kalau di Jepang pernah menembus harga per buah itu Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 Juta.

Di Singapura kita juga dengan harga seratus delapan puluh ribu tetapi kalau di dalam negeri itu harganya Rp 80 ribu per buah,” tutur Johansah Supervisor perusahaan tersebut, Minggu (15/2/2015).
Gubernur NTB  TGH. M. Zainul Majdi mengunjungi 
kawasan agrowisata Sembalun. 
Saat dikunjungi rombongan tour sepeda Gubernur NTB, para pengolah hasil tanaman yang berada di kawasan Sembalun itu menunjukkan hasil olahannya. Setiap hari perusahaan tersebut memasok puluhan ton buah segar untuk diekspor ke luar negeri. Selain itu, mereka memasok ke sejumlah kota – kota besar di Indonesia dengan jumlah yang tidak sedikit.

“Kalau yang lokal kita biasanya memasok buah sekitar  1,5 sampai 3 ton setiap hari. Tujuan memasok dalam negeri antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali,” tambahnya.

Lahan budi daya melon seluas 312,5 hektar tersebut juga dijadikan sebagai kawasan agro wisata. Selain terkenal degan produk strawberry, sembalun juga merangkak dikenal dengan penghasil melon dan bunga – bunga yang super.
Melon Sembalun termahal di Jepang yang harganya
mencapai Rp 1 juta per butir. 

“Tempat pengolahan juga kita buat sebagai kawasan wisata agro. Jika ada wisatawan yang datang, kami siap memfasilitasinya. Mereka juga dapat membeli buah seara langsung di sini,” tambahnya.
Melon yang dihasilkan diSembalun itu tergolong berbeda dengan hasil di kawasan – kawasan lain. Buah melon di Sembalun tergolong tidak terlalu besar, namun daging buahnya cukup berserat serta rasanya cukup manis. Kadar air dari buah melon tidak terlalu tinggi sehingga melon tersebut cukup diminati oleh banyak pelanggannya. (Sahmat)  



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive