Be Your Inspiration

Friday 11 March 2016

Putri Raja Thailand, Maha Chakri Sirindhorn's Terkesan dengan Lombok

Putri Raja Thailand, Maha Chakri Sirindhorn's
memainkan alat musik tradisional di Museum
Negeri NTB. 
Putri Raja Thailand, Maha Chakri Sirindhorn's berkunjung ke sejumlah objek wisata di Pulau Lombok, Kamis (10/3/2016). Salah satu pewaris tahta Kerajaan Thailand ini tiba di Lombok, Rabu (9/3/2016) sore menggunakan pesawat Bangkok Air setelah menyaksikan gerhana matahari total di Ternate Maluku Utara. 


Selama kunjungan di Lombok, Maha Chakri Sirindhorn's, berkunjung ke sejumlah objek wisata di Pulau Lombok, yakni Sembalun Lombok Timur, Museum Negeri NTB, Batu Bolong Lombok Barat. Selain itu, rombongan dari Kerajaan  Thailand yang didampingi Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Ketua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi juga berkunjung ke Pura Meru Cakranegara dan Desa Adat Sasak Sade Lombok Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)NTB H. L. Moh. Faozal, S.Sos, MSi, menjelaskan, selama di Museum Negeri NTB, rombongan putri mahkota Thailand melihat sejumlah koleksi yang ada. Selain itu, ujarnya, kedatangan putri Mahkota Raja Thailand itu menunjukkan destinasi wisata Lombok, NTB telah menjadi pasar di Thailand. 

“Putri Raja Thailand ini lambang negara, dia. Kalau lambang negara, dia itu hadir di kita, menunjukkan bahwa Lombok itu jadi pasar di Thailand,” katanya saat dikonfirmasi di sela-sela kunjungan rombongan Putri Raja Thailand di Museum Negeri NTB.

Menurutnya, Putri Raja Thailand itu datang ke Lombok atas inisiatif sendiri. Hal ini, kata Faozal, menunjukkan destinasi wisata Lombok sudah dibicarakan di Thailand. “Dengan datangnya beliau itu, berarti masyarakat Thailand akan tergugah datang ke Lombok. Ini sangat  branding banget,” imbuhnya.

Faozal menyebutkan jumlah koleksi museum negeri NTB saat ini lebih dari 7.500 buah. Namun, baru 10 persen yang bisa dipamerkan akibat keterbatasan tempat dan ruang. Dengan kedatangan tamu istimewa dari Thaliand ini, lanjut Faozal membuktikan Museum Negeri NTB cukup representatif untuk dikunjungi wisatawan. 

Sementara Putri Raja Thailand melihat berbagai koleksi  yang ada di Museum Negeri NTB  lebih dari satu jam. Dengan teliti ia menanyakan berbagai koleksi museum yang dipajang. Apalagi, Putri Raja Thailand ini merupakan seorang profesor antropologi dan cukup tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah.  

Putri Raja Thailand terlihat sangat tertarik dan antusias melihat koleksi yang ada di museum. Setiap benda yang menarik baginya langsung diabadikan dengan kamera HP dan pocket yang selalu dikalungnya dan penjelasan dari tour guide dicatatnya dengan seksama.

Begitu juga Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi didampingi istri, Hj. Erica Zainul Majdi sesekali menjadi guide dan  menjelaskan koleksi-koleksi yang ada di Museum Negeri NTB. (nas/humas)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive