Be Your Inspiration

Wednesday 2 March 2016

NTB Siap Gelar Hari Penyiaran Nasional 2016

Lambang KPI

Setelah sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) baru-baru ini, NTB kembali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-83 1 April 2016 mendatang. Penetapan NTB sebagai tuan rumah merupakan hasil sidang pleno Rakornas KPI di Makassar tahun 2015 lalu.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB Sukri Aruman, menjelaskan, pembukaan ini akan ditandai sebagai pencanangan 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional sekaligus Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional KPI dan KPID se-Indonesia. Bahkan, Presiden Ir. H. Joko Widodo direncanakan membuka secara langsung.

Selain itu, sejumlah pejabat tinggi negara, perwakilan duta besar negara sahabat, pimpinan komisi penyiaran dari sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, kepala daerah se-NTB, pimpinan lembaga penyiaran nasional dan lokal, media asing direncanakan hadir. ”Kami terus berkoordinasi dengan panitia pusat untuk memastikan kehadiran Presiden dan petinggi negara lainnya, termasuk bagaimana konsep dan kemasan acara puncak peringatan Hari Penyiaran Nasional yang akan dikemas dalam bentuk pesta rakyat,” jelasnya, Selasa (1/3/2016).

Pada kesempatan ini, ujarnya, panitia pusat juga akan menyerahkan sejumlah penghargaan kepada tokoh nasional dan daerah yang dinilai memberi perhatian besar terhadap kemajuan penyiaran di Indonesia dan daerah masing-masing. Konon, salah satu yang akan menerima penghargaan tersebut adalah Gubernur NTB Dr TGH M Zainul Majdi yang dinilai KPI Pusat sebagai tokoh berpengaruh dalam memajukan penyiaran di NTB.

Tidak hanya itu, KPI Pusat juga akan mengukuhkan Duta Siaran Sehat kepada sejumlah tokoh yang dinilai punya kepedulian tinggi terhadap gerakan masyarakat cerdas dan sadar penyiaran sehat. “ Saat ini sedang dalam proses seleksi dan segera diajukan tiga tokoh daerah sebagai Duta Siaran Sehat NTB yang merupakan representasi masyarakat dari berbagai unsur seperti  aktivis perempuan, budayawan atau akademisi yang peduli bagi kemajuan dunia penyiaran di daerah ini,” imbuhnya.

Terkait Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI tahun ini mengusung tema yang berkaitan erat dengan masa depan penyiaran Indonesia menyongsong era konvergensi. Rencananya ada seminar internasional yang menghadirkan narasumber dari Komisi Penyiaran Negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand juga beberapa content provider atau penyedia layanan siaran  TV digital. ”Kita berharap semua agenda dalam rangka peringatan Hari Penyiaran Nasional dan Rakornas KPI di NTB akan berjalan sukses dan lancar,” harapnya. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive