Be Your Inspiration

Sunday 27 March 2016

Cara Pembuatan Mug Coating

Mug coating yang banyak dipesan pembeli untuk dijadikan
suvenir dan cenderamata
Mug Coating adalah mug polos yang dilapisin cairan coating, di mana cairan coating ini berguna sebagai perekat dalam mentransfer gambar dengan digital printing.
Sesudah diberikan cairan, maka mug harus dipanaskan terlebih dahulu, di mana berfungsi agar cairan dapat merekat pada lapisan keramik mug, sehingga pada saat ditransfer gambar dengan mesin digital printing, maka gambar/logo dapat merekat dengan baik dan sempurna.


Berikut adalah Cara Bikin Mug Coating Lebih Detail
1. Siapkan satu set larutan coating mug dan katalis.
2. Tuangkan larutan mug coating dan katalis ke dalam wadah secukupnya (disesuaikan dengan jumlah mug yang akan di-coating!!). Karena, sisa larutan coating yang sudah dicampur nantinya tidak bisa dipakai lagi karena mengering.
3. Ambil larutan katalis sebanyak 25% dari jumlah larutan mug coating yang dipakai, misalnya larutan mug coating yang dipakai adalah 100ml, maka jumlah katalis yang dipakai adalah 25ml untuk sekitar 10-11 mug. Jumlah katalis yang berlebihan menyebabkan campuran cepat mengering di dalam hand gun sprayer.
4. Aduk campuran antara larutan mug coating dan katalis sampai rata/homogen. (Larutan yang belum homogen menyebabkan lama pengeringan yang berbeda).
5. Bersihkan dulu hand gun sprayer dari cairan coating sebelumnya dengan cara menyemprotkannya diluar bidang mug sampai tidak tersisa lagi cairannya.Bila mug coating yang sudah jadi bercampur dengan coating kertas mengakibatkan hasil yang kurang cerah.
6. Segera tuang larutan mug coating yang sudah jadi kedalam wadah sprayer.
7. Bersihkan permukaan mug dari debu/kotoran dan pastikan bahwa permukaan mug dalam keadaan kering agar coating dapat menempel efektif, kemudian semprotkan larutan mug coating yang sudah jadi diatas permukaan mug dengan arah vertikal secara merata, kemudian arah horizontal. Spraying coating yang berlebihan mengakibatkan larutan coating mengalami bleeding sewaktu proses pengeringan, sebaliknya jika spraying coating kurang merata mengakibatkan mug menjadi bintik-bintik. (efek silky).
8. Mug yang telah di-coating dikering anginkan sekitar 3 jam .Untuk hasil yang lebih baik, mug dikeringkan lebih lama atau bisa dipanaskan dalam oven.
9. Keringkan lagi mug yang sudah dikering anginkan menggunakan oven listrik dengan setting suhu sekitar 1200 C selama 10 menit menggunakan pemanas bagian atas, setelah itu dipanaskan lagi dengan settingan yang sama tetapi menggunakan pemanas bagian bawah (jika menggunakan oven konvensional, maka mug harus sering dibolak balik agar coating menjadi matang).Setting suhu dan waktu yang terlalu tinggi mengakibatkan coating menjadi gosong ketika di oven. Mug yang telah dingin siap dipakai. (net/berbagai sumber)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive