Be Your Inspiration

Sunday 20 March 2016

University of Rhode Island Tawari NTB Kerjasama di Bidang Ecotourism

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi bersama
Dean of The College of Engineering University
of Rhode Island
  Dr. Raymond M. Wright
University of Rhode Island Amerika Serikat menawarkan berbagai kerjasama dengan NTB terkait dengan pengembangan sektor kelautan dan perikanan, salah satunya pengembangan ecotourism. NTB dinilai memiliki banyak potensi pulau-pulau kecil yang sangat potensial dalam pengembangan ecotourism.

University of Rhode Island menawarkan berbagai kerjasama kepada Pemprov NTB, seperti bidang teknik, kelautan dan perikanan, sains, lingkungan serta pengembangan sumber daya. Presiden  University of Rhode Island, Dr. David Dooley, yang didampingi Dean of The College of Environment and Life Sciences, Dr. Jhon Kirby  serta Dean of The College of Engineering,  Dr. Raymond M. Wright saat menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa universitasnya terbilang unggul dan berpengalaman dalam berbagai bidang. Serta telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia selama kurun waktu 45 tahun.

Saat ini, kata David  pihaknya tengah menjalin kerjasama dengan 10 universitas di Indonesia, termasuk Universitas Mataram (Unram). Pada tahap awal  yang telah digagas adalah kerjasama dengan Unram  untuk kelautan, mengembangkan pengelolaan pantai termasuk salah satunya ecotourism. David mengaku sangat tertarik dengan NTB yang dinilainya sangat potensial dalam bidang agrikultur, perikanan dan kelautan, serta memiliki fokus dan perhatian terhadap lingkungan.

‘’Ini sangat relevan dengan universitas kami, yang mempunyai kekuatan di bidang yang sama,’’ ujarnya, Jumat (18/3/2016). David menambahkan pihaknya  sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan Pemprov NTB.  Termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia  (SDM)  dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyambut baik tawaran kerjasama tersebut. Dikatakan, pembangunan sektor kelautan menjadi salah satu perhatian Pemprov NTB. Ia tak memungkiri bahwa seringkali pembangunan menimbulkan risiko dan masalah yang berdampak terhadap penurunan kualitas lingkungan.

Dalam  perencanaan pembangunan, lanjut gubernur, NTB mengembangkan perspektif ecotourism melalui program NTB Hijau. Agar pembangunan tidak menurunkan kualitas lingkungan maka ia berharap melalui keahlian dan pengalaman panjang yang dimiliki Universitas Rhode Island dalam bidang industri perikanan dan lingkungan hidup dapat membantu memecahkan permasalahan ini. ‘’Saya harap kerjasama dengan Unram ini menjadi awal terbukanya peluang kerjasama internasional lainnya, yang berkelanjutan di masa yang akan datang,’’ harap Zainul Majdi. (humas)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive