Be Your Inspiration

Sunday 20 March 2016

NTB Berbenah Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2016

 
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi, Walikota Mataram
H. Ahyar Abduh bersama kepala SKPD lingkup Pemprov NTB
meninjau Islamic Center sebagai pusat pelaksanaan MTQ Nasional 2016
Gubernur NTB, Dr. TGH.M. Zainul Majdi bersama Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh meninjau Islamic Center (IC), Jumat (18/3/2016). IC akan dijadikan lokasi arena utama  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional yang akan diselenggarakan 29 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

Gubernur melihat dan memperhatikan dengan seksama masterplan denah arena utama kegiatan MTQ tersebut.  
Ia  berharap penyelenggaraan MTQ tingkat nasional di NTB  berjalan lancar dan sukses serta membawa prestasi bagi daerah. Dalam kesempatan itu gubernur memerintahkan agar segera dibuat desainnya. Ia juga meminta kepada semua masyarakat NTB khususnya umat Islam turut serta mensukseskan pelaksanaan MTQ  tahun ini. Kegiatan MTQ tahun 2016 ini diharapkan  memberikan kesan yang baik bagi daerah.

Sementara itu, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan,  Pemkot Mataram  Mataram bersama  dengan Pemprov NTB sudah melakukan berbagai persiapan.  Diantaranya,  dalam waktu dekat ini akan segera ditentukan titik sentral arena utama. Bahkan   jalan ke arah IC  direncanakan terbuka agar bisa dimanfaatkan tamu-tamu yang akan hadir dari berbagai daerah. Sedangkan  lokasi penempatan PKL akan disiapkan di luar arena  dan eks Kantor Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan NTB akan dijadikan lokasi pameran. 

Kawasan IC merupakan kawasan terintegrasi seluas 7,5 hektar  yang terbagi dalam empat blok. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas bernuansa Islami seperti bangunan utama masjid yang mampu menampung 10 ribu orang jemaah. Bangunan utama dihiasi lima buah menara, empat menara dengan tinggi 66 meter dan satu menara  dengan tinggi 114 meter dengan tinggi observasi 99 meter. 

Selain itu, terdapat juga gedung pertemuan, pusat kajian Islam, perpustakaan dan museum Islam. Sekolah model Islam terpadu mulai jenjang TK - SLTA serta pusat bisnis berkonsep syariah. Pusat bisnis meliputi hotel, kolam renang, restoran dan fasilitas rekreasi pariwisata lainnya.Turut mendampingi gubernur dalam peninjauan lokasi arena utama MTQ tingkat nasional tahun 2016 itu,  Asisten II Setda NTB H. L. Gita Ariadi bersama Asisten III Setda NTB Drs. H. L. Syafii, MM, Kepala Biro Kesra H. Suhaimi dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, H. Yusron Hadi, ST, MUM. (nasir/humas)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive