Be Your Inspiration

Tuesday 15 March 2016

Wisata Tubing di Sungai Mencerit Lombok Timur

Tubing di Sungai Mencerit Lombok Timur
Destinasi wisata di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), benar-benar komplit. Ibarat sebuah toko, untuk urusan destinasi wisata, kabupaten paling timur Pulau Lombok ini merupakan toko serba ada. Objek wisata apa saja ada. Mulai budaya, gunung, pantai, budaya hingga wisata tubing.

Tubing (menyerupai rafting) merupakan olahraga air yang banyak diminati oleh travelers penyuka olahraga yang menantang. Kabupaten Lotim memiliki destinasi wisata tubing yang memang belum banyak dikenal. Adalah Sungai Mencerit yang berlokasi di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, lokasi tubing pemacu adrenalin itu.

Sungai Mencerit merupakan sebuah sungai panjang yang sangat jernih. Pengunjung dapat menikmati olahraga tubing sepanjang 2 kilometer selama dua jam. Terdapat banyak spot menarik selama dalam perjalanan. Pengunjung juga tidak perlu khawatir, sebab tersedia banyak instruktur terlatih yang akan menjaga para para pengunjung dalam perjalanan hingga finish.

‘’Pengelolanya merupakan anak muda yang ada di Desa Pringgasela ini. Kami melakukannya secara swadaya, sekaligus bisa membersihkan sungai. Ketika kami melihat ini bisa dijadikan sebagai objek wisata yang menarik, kami melakukan uji coba selama enam bulan dan pada akhirnya membuka tubing Sungai Mencerit ini,’’ kata Ketua Pengelola JBB Adventure Desa Pringgasela Barry Perdana.
Sungai Mencerit, cocok untuk lokasi tubing

Sebanyak 30  pemuda Pringgasela ini secara swadaya memperkenalkan wisata air Sungai Mencerit yang sangat jernih dan sangat tenang. Debit air yang tidak terlalu keras tetapi sangat cocok dijadikan sebagai sarana tubing semakin menambah keseruan saat berada di atas ban khusus yang dirancang sedemikian rupa. Sungai yang lokasinya jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan ini masih sangat asri. Terdapat tiga terowongan di tengah perjalanan yang akan dilewati. Terowongan itu masing-masing sepanjang 50 meter hingga 100 meter.

Sungai Mencerit ini merupakan sungai yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi sawah. Namun juga sangat cocok dan menarik untuk dijadikan sebagai tempat berolahraga air yang aman dan menarik. Bahkan untuk menentukan medan yang kira-kira menantang namun cukup aman, para pemuda Pringgasela melakukan uji coba selama setengah tahun. Kemudian pada minggu terkahir Januari lalu, olahraga tubing Sungai Mencerit ini secara resmi dibuka untuk umum.

‘’Sudah dilengkapi dengan asusransi juga, lokasi ini juga sudah kita daftarkan. Sehingga Sungai Mencerit ini sebagai lokasi tubing pertama di Lombok Timur,’’ jelas Barry.
Namun, para pemuda ini mengeluhkan kurangnya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk memajukan wisata Sungai Mencerit ini. Padahal lokasi ini sangat potensial sekaligus untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar sungai.

Tubing di Sungai Mencerit sungguh asyik dan menantang

‘’Kami sudah mengajukan proposal permohonan bantuan kepada pemerintah kabupaten tapi belum direspons. Padahal kami tidak minta anggaran untuk buat ini itu, kami hanya ingin dibantu agar difasilitasi pelatihan SDM kami. Agar kami bisa menyambut tamu dengan baik,” katanya. (Linggauni/Suara NTB)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive