Be Your Inspiration

Sunday 6 March 2016

Ekspose Festival Pesona Tambora Dilakukan di Atas KRI Karang Pilang


Wagub H. Muh. Amin berlayar menggunakan KRI
Karang Pilang 981 serangkaian persiapan Festival
Pesona Tambora di dekat Pulau Satonda, Sabtu (5/3/2016)
Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si beserta istri, Hj. Syamsiah Muh. Amin menghadiri Expose Festival Pesona Tambora dengan menaiki KRI Karang Pilang 981, berlayar dari Pelabuhan Badas, Sumbawa menuju Calabai Kabupaten Bima, Sabtu (5/3/2016).

Wakil Gubernur yang didampingi bupati dan walikota se-Pulau sumbawa, Kepala SKPD terkait serta awak media berlayar mengitari Pulau Moyo dan berlabuh di Calabai.
Di Calabai, Wagub dan rombongan akan meninjau pabrik gula, PT. SMS.

Pelayaran tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan Festival Pesona Tambora dan rencana peresmian Kawasan Teluk Saleh, Moyo dan Tambora (SAMOTA) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis maritim.

Kegiatan pelayaran tersebut terselenggara atas dukungan Panglima Armada Kawasan Timur Indonesia TNI Angkatan Laut Republik Indonesia.

Dalam pertemuan di atas kapal tersebut, Wagub menyampaikan perjalanan pelayaran tersebut merupakan perjalanan strategis sekaligus pengalaman petualangan laut untuk melihat lebih dekat dan kasat mata potensi yang dimiliki kawasan Teluk Saleh, Moyo dan Tambora.

"Saat ini kita dapat melihat secara kasat mata potensi yang dimiliki kawasan ini. Setelah itu kita lakukan kajian mendalam karena kawasan yang menyimpan kekayaan yang melimpah. Kekayaan ini kita kelola untuk kesejahteraan masyarakat", Jelas Wagus saat menyampaikan arahan di hadapan Bupati Dompu, Sumbawa, KSB, Wakil Bupati Bima dan Wakil Walikota Bima.

Karena itu, Wagub meminta  kerjasama dan dukungan semua pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan keterpaduan dan singkronisasi terkait dengan maksimalisasi pengembangan kawasan tersebut.

"Kita terus berkoordinasi dan melakukan sinkronisasi, baik regulasi maupun kebijakan. Sering terjadi disharmoni, sehingga terjadi kendala yang menyebabkan kelambatan. Harus ada percepatan. Semoga ini akan membawa keberkahan untuk NTB dan seluruh kabupaten/kota di wilayah NTB," ungkap orang nomor dua di NTB tersebut.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, H. M. Lalu Faozal menyampaikan Festival Pesona Tambora akan dimulai tanggal 11 April 2016 mendatang dan puncak pelaksanaannya akan dihelat tanggal 16 April 2016.

Menurutnya, Festival Pesona Tambora merupakan program nasional dan dibiayai olen APBN melalui Kementerian Pariwisata. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai dari KSB, Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Adapun kegiatan dalam festival pesona tambora tersebut di antaranya, Seminar wisata bahari,  Parade buaday, festival mbojo, festival kopi tambora, pawai budaya, jelajah merah putih, Tambora Running 320 K dan 100 K, Sailing Tambora dan Terjun Payung.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Ir. H. Ridwansyah, mengungkapkan Kawasan Samota, khususnya Teluk saleh merupakan aquarium rakasasa, yang menyimpan kekayaan dan Potensi unggulan, yang kalau dinilai uang akan menghasilkan kurang lebih 11 triliun per tahun. "Saat ini yang dibutuhkan adalah infrastruktur," ungkapnya. (*) 
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive