Be Your Inspiration

Wednesday 17 September 2014

Jetstar Tutup Sementara Rute Perth-Lombok 16 Oktober 2014



 
Jetstar akan menutup sementara rute penerbangan 
ke BIL dari Perth Australia 16 Oktober

General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (PT. AP I BIL), Pujiono mengatakan, pihaknya sudah menerima surat resmi dari manajemen Jestar Airways terkait dengan rencana penutupan sementara rute penerbangan langsung Perth-Lombok pada 16 Oktober 2014 mendatang.

‘’Untuk Jestar surat resminya memang demikian. Tetapi bukan menutup rute itu, tapi sementara berhenti. Sambil lihat potensi pasarnya,” kata Pujiono dikonfirmasi usai menghadiri peringatan Hari Perhubungan Nasional di Kantor Dishubkominfo NTB, Rabu (17/9/2014).

Dikatakan, surat resmi rencana Jetstar menghentikan sementara rute Perth-Lombok itu sudah diterima pihaknya beberapa bulan lalu. Namun, pada saat kedatangan Wakil Menteri Transportasi Australia saat pertemuan bilateral antara Indonesia dan Australia beberapa waktu lalu di BIL bahwa mereka memberikan harapan tidak hanya Jetstar yang akan melayani rute ke Lombok.

Untuk keberlanjutan penerbangan ini, katanya memang harus ada kerjasama antara pemerintah daerah dengan Jetstar .”Harus ada kerjasama apa yang bisa diberikan kepada mereka, dan apa kontribusinya kepada kita. Kalau saya selaku pengelola bandara sudah memberikan diskon cukup besar untuk parkir, landing pesawat yang  mencapai 60 persen,”terangnya.

Jika dilihat berdasarkan load factornya, kata Pujiono, tingkat keterisian kursi (load factor) Jetstar selama ini antara 70-80 persen. Namun, dalam bisnis penerbangan bukan hanya dilihat load factor saja. Karena ada efek-efek lain yang dipertimbangkan.

“Ada efek-efek lain yang dipertimbangkan karena sampai sekarang mereka belum berani mengangkat cargo. Barangkali belum ada yang bisa dijual di sini atau di sana,”katanya.

Sebagai pengelola bandara, pihaknya berharap rencana Jetstar menutup sementara rute penerbangan langsung yang dibuka 24 September 2013 lalu itu ada perubahan. Pasalnya, penerbangan internasional merupakan andalan di BIL.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB, Drs. Agung Hartono, M.STr mengungkapkan tingkat keterisian kursi penumpang rute Perth-Lombok yang dilayani maskapai penerbangan Jetstar Airways mencapai 80 persen. Munculnya rencana maskapai itu menutup sejumlah rute penerbangan internasionalnya, menurut Agung  karena mereka mengalami kondisi internal  yang kurang baik.

Ia menyebutkan, dari kapasitas Jestar yang mencapai 181 shift, jumlah penumpang antara 170-175 orang. Kondisi ini menurutnya terbilang cukup bagus sehingga pada pertemuan bilateral membahas masalah transportasi antara pemerintah Indonesia dengan Australia pada Agustus lalu di BIL,  Pejabat  Kementerian Transportasi Australia  justru mendorong agar frekuensi penerbangan Perth-Lombok terus ditingkatkan. Harapannya bisa setiap hari ada penerbangan langsung dari Lombok ke negeri Kanguru. (Suara NTB)







Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive