Be Your Inspiration

Tuesday 2 September 2014

Gugatan Arbitrase Dicabut, Negosiasi Pemerintah-Newmont Tak Lagi Buntu



Pascadicabutnya gugatan arbitrase oleh PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT), Pemprov NTB berharap kembali dilakukan negosiasi antara pemerintah dan perusahaan tambang emas dan tembaga itu. Pemprov berharap, pembicaraan atau negosiasi antara pemerintah pusat dengan Newmont tak lagi menemui jalan buntu seperti yang terjadi sebelumnya.

“Newmont sudah lapor kepada saya dan pak Gubernur langsung bahwa sidang arbitrase yang direncanakan tidak dilaksanakan, karena sebelum dilaksanakan persidangan,  Newmont sudah mencabut gugatannya. Kita sambut baik dan ini harapan kita. Saya kira pemerintah pusat juga menyambut baik hal ini,” kata Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si dikonfirmasi usai menghadiri halal bihalal masyarakat Bima se-Pulau Lombok di Kantor Gubernur NTB, Minggu (31/8/2014).

Adanya itikad baik dari Newmont untuk mencabut gugatannya, lanjut Wagub, maka diharapkan pemerintah pusat juga meresponnya dengan baik. “Artinya, apa yang mengalami kebuntuan selama ini bisa dilanjutkan kembali negosiasi-negosiasinya. Ada ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan oleh Newmont  saya kira juga perlu melaksanakan,”katanya.

Amin menjelaskan, dengan melihat dampak-dampak yang timbul akibat penghentian operasional Newmont beberapa bulan terakhir perlu juga menjadi pertimbangan pemerintah. Pasalnya, akibat penghentian operasional itu, muncul dampak sosial dan dampak ekonomi yang terjadi di daerah. Dampak sosialnya, terjadi perumahan karyawan dan mempengaruhi sektor-sektor lainnya yang terkait. Selain itu, dampak ekonomi yang muncul adalah kewajiban-kewajiban Newmont kepada daerah menjadi tak terbayarkan atau menjadi terhambat dibayarkan, seperti soal dividen yang tak dapat diterima beberapa tahun terakhir.

“Dengan kembali dia beroperasi dengan dikeluarkannya izin ekspor, jelas akan kembali karyawan itu bekerja. Kita harapkan ada tindak lanjut, ada follow up. Menko Perekonomian, Pak Chairul Tanjung sudah memberikan lampu hijau untuk kelanjutan pembicaraan,” terangnya.

Di samping itu, dirinya juga sudah bertemu dengan Menteri Perindustrian, MS Hidayat beberapa hari lalu. Pada kesempatan itu, masalah dicabutnya gugatan Newmont itu sempat dibicarakan. “Respons juga sama keinginan kita. Saya minta pak menteri ini ditindaklanjuti supaya kami di daerah ndak mendapat limpahan masalah saja,” ujarnya. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive