Be Your Inspiration

Sunday 28 September 2014

NTB Tuan Rumah IGIF III 2015



Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi (empat diri kiri) didampingi
Asisten II Setda NTB H. L. Gita Ariadi
berpose bersama dengan delegasi peserta IGIF
di Jeju Korsel beberapa waktu lalu.
Pemaparan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang atraktif dan memukau dalam event Internasional Green Island forum ( IGIF) di Jeju Korea Selatan (Korsel) membuat peserta IGIF dari 15 negara di dunia terkesan. Terlebih ketika gubernur menawarkan NTB sebagai tuan rumah IGIF III, peserta forum sepakat menunjuk dan menetapkan NTB sebagai penyelenggara tahun 2015 mendatang.


Demikian disampaikan Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Drs. H. L. Gita Ariadi, MSi, mengenai hasil pemaparan Gubernur NTB selama berada di Jeju Korsel, Minggu (28/9/2014). Sebagai bentuk keseriusan penunjukan NTB sebagai tuan rumah, lanjutnya, di akhir 2014, Presiden IGIF Mr. Kim Soo-Jong bersama tim akan melakukan observasi ke Lombok.

Tidak hanya itu, lanjutnya, kunjungan dari delegasi IGIF ini juga akan diikuti dengan kedatangan para investor Korea yang tertarik untuk mengembangkan green tourism, green energy sebagaimana yang sudah diterapkan di Korsel. Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB ini memperkirakan, jumlah peserta yang akan hadir di Lombok melebihi jumlah peserta yang hadir di Jeju.  ‘’Setidaknya nanti akan hadir ke Lombok peserta  dari 15 negara anggota IGIF. Di akhir tahun 2014 ini kami bersama tim akan segera datang observasi ke Lombok,’’ terang Lalu Gita mengutip ucapan Mr. Kim Soo-Jong Presiden IGIF.

Menyikapi penunjukan NTB sebagai tuan rumah pertemuan IGIF III, lanjutnya, Gubernur NTB menyambut baik dan menyatakan kesiapannya. Bahkan pertemuan IGIF III nanti  bisa dirangkaikan dengan pertemuan para gubernur yang tergabung dalam provinsi berbasis Kepulauan. Pada kesempatan ini, NTB akan mengundang Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur NTT, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Maluku dan Gubernur Maluku Utara. Nantinya, mereka akan presentasi mengenai konsep pembangunan Provinsi Kepulauan.

Selain itu, lanjutnya, tahun 2015 yang  dari awal sudah dirancang sebagai tahun Tambora Menyapa Dunia dan akan ditandai dengan berbagai event MICE yang relevan dengan isu-isu lingkungan,  vulkano, perubahan iklim dan sejenisnya. Selain pertemuan IGIF yang dijadwalkan berlangsung September-Oktober 2015, juga akan ada pertemuan ahli arsitektur landscape tingkat Asia Pasifik pada bulan Agustus 2015. Dari berbagai agenda yang sedang dirancang tentu diharapkan akan menelorkan program-program strategis yang konkrit dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, kelestarian alam dan keseimbangan hidup manusia dengan alam di daerah Kepulauan.

Asisten II menambahkan, dari kunjungan ke Jeju banyak telah menginspirasi banyak hal untuk melakukan perubahan. Termasuk menyatukan kekuatan membangun NTB dengan 2 pulau besar dan 278 pulau-pulau kecil di sekelilingnya agar masyarakatnya kian sejahtera dan alamnya tetap lestari. (*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive