Be Your Inspiration

Thursday 18 September 2014

Ikhtiar dan Capaian Strategis NTB 2008-2013, Trend Positif Periode Pertama



 
Gubernur NTB TGH. M. zainul Majdi sama atlet peraih medali emas
LIMA tahun pertama kepemimpinan Dr.TGH. M. Zainul Majdi, pembangunan di NTB memperlihatkan trend pertumbuhan dan perkembangan yang positif. Sejumlah  target terukur dirancang dan dirumuskan dalam Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2008-2013. Sejumlah target terukur itu pada mulanya sempat dipandang “bombastis”, tak rasional dan terlalu berani. Seperti misalnya
target satu juta populasi sapi, satu juta angka kunjungan wisatawan, memeprcepat kepastian beroperasinya Bandara Internasional Lombok dan membenahi infrastruktur jalan Pulau Sumbawa yang satu dekade tertinggal dari Pulau Lombok.

Tetapi dalam perjalanan lima tahun, sejumlah target besar itu sebagian besar bisa dikerjakan. Mesin birokrasi bekerja cukup efektif, dukungan masyarakat meluap dengan harapan yang besar akan pemerintahan yang dipimpin seorang tuan guru muda. Dan satu faktor penting yang mempercepat terwujudnya sejumlah “kerja besar” itu adalah bagusnya akses politik pemerintah NTB di tingkat pusat.
Apa saja capaian yang patut dicatat dan tetap harus dikawal pada periode kedua pemerintahan M. Zainul Majdi. Berikut sebagian yang bernilai strategis:
  

 1.     Penurunan Kemiskinan rata-rata 1,4 persen setiap tahunnya.
Ini angka penurunan kemiskinan yang masuk dalam enam besar terbaik nasional menurut catatan Bappenas. Kinerja ini mendapat apresiasi berupa penghargaan MDGs Award dari Bappenas pada 2012. Capaian ini buah dari sinergitas yang solid antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota, kontrol yang ketat dan pengawasan yang kuat atas setiap program penanggulangan kemiskinan. Dan tentu saja keterlibatan aktif segenap komponen masyarakat yang digerakkan oleh visi besar bersama: Menuju NTB Beriman dan Berdayasaing  (NTB Bersaing).
Kampung Media NTB

 2.     Tiga tahun berturut-turut sejak 2011 meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah sebelumnya Disclaimer.
Ini prestasi yang membuat NTB dipuji banyak kalangan. Menteri Keuangan, Chatib Bisri menyebut NTB contoh terbaik dari daerah yang bisa melakukan lompatan besar dari disclamer menjadi langsung WTP. Di Indonesia sangat jarang ada daerah yang melakukan lompatan seperti ini.
 
Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin saat menerima penghargaan
dari Wapres Boediono terkait capaian NTB meraih WTP tiga kali berturut-turut
3.     Keberhasilan Meraih Peringkat 13 dengan 11 Medali Emas pada PON di Riau tahun 2012.
Prestasi olahraga NTB mencapai torehan yang cemerlang pada PON di Riau tahun 2012. Target 10 emas mampu dilampaui dan peringkat NTB melesat naik dari papan bawah pada PON sebelumnya menjadi peringkat 13 nasional. NTB merajai cabang atletik dengan meraih 8 emas dari lintasan lari. Manusia tercepat di Indonesia berhasil diraih sprinter NTB, yaitu Iswandi. Ini pertamakalinya NTB merajai lintasan lari dalam PON.
 
4.     Peningkatan Populasi Sapi, Produksi Jagung dan Rumput Laut
Sapi, Jagung, Rumput Laut (PIJAR) merupakan komoditas unggulan daerah NTB. Selama lima tahun pertama 2008-2013, populasi dan produksi PIJAR meningkat cukup tajam. Sapi misalnya, dari sekitar 500 ribu ekor pada 2008 menjadi tembus 1 juta ekor pada 2013. Bgitu juga produksi jagung dan rumput laut,  meningkat hampir tiga kali lipat dalam rentang waktu lima tahun.   
PIJAR
5.     Penurunan Angka Putus Sekolah dan Buta Aksara Secara Signifikan Capaian sektor pendidikan ini merupakan dampak dari keberanian pemerintahan M. Zainul Majdi mengalokasikan anggaran pendidikan 20 persen pada awal pemerintahannya. Langkah ini diikuti pula dengan komitmen bersama bupati dan walikota untuk memberikan dana sharing bagi pemberian beasiswa siswa miskin. Sehingga pada 2013 angka putus sekolah di NTB untuk SD sederajat tersisa 0,20 persen, turun tajam dari 1,17 persen pada 2008. Sementara untuk tingkat SMP sederajat turun lebih tajam lagi, dari 5,25 persen pada 2008 menjadi 0,48 persen. Hal yang sama terjadi juga pada pemberantasan buta aksara. 


6.     Beroperasinya Bandara Internasional dan Embarkasi Haji
Setelah lama digadang-gadang  dan diusahakan sepenuh hati sejak era gubernur Serinata, mimpi untuk memiliki bandara internasional akhirnya terwujud. Tepat tanggal 1 Oktober 2011 pesawat Boing 737 Garuda mendarat pertama kali di Bandara Internasional Lombok (BIL). Inilah bandara dengan luas  sekitar 500 hektar yang menjadi kebanggaan masyarakat NTB. Dan pada musim haji tahun 2012, BIL resmi menjadi salah satu embarkasi haji nasional. Orang NTB pun naik haji bisa langsung dari tanahnya sendiri.

7.     Peningkatan Kualitas Jalan Pulau Sumbawa
Jalan Negara di Pulau Sumbawa yang terbentang dari Pelabuhan Poto Tano sampai Sape sudah lama dikeluhkan masyarakat. Di banyak ruas jalan lubang mengganga dimana mana. Tetapi kini jalan Pulau Sumbawa itu mulus, sesuatu yang nyaris tak terbayangkan oleh masyarakat disana.  Pekerjaan “raksasa” untuk ukuran daerah miskin seperti NTB ini, bisa terlaksana dengan pola pembangunan tahun jamak 2010-212 dengan sumber pendanaan APBN, APBD dan dana hibah. Inilah sebuah terobosan mengatasi sulitnya pembangunan infrastruktur jalan di daerah

8.     Pembangunan akses jalan menuju Bandara Internasional Lombok
Jalan menuju BIL ini terbangun seiring dengan beroperasinya BIL menjadi bandara embarkasi haji. Setahap demi setahap akses jalan menuju BIL semakin terbuka dan nyaman dilalui para penguna bandara. Ini jelas menjadi penopang pertumbuhan ekonomi sekitar BIL dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang lokasinya juga tak jauh dari BIL

9.     Tercapainya Satu Juta Kunjungan Wisatawan 2012
Sejak dicanangkan secara langsung oleh Presiden SBY di Pantai Senggigi Lombok pada pertengahan 2009, program Visit Lombok Sumbawa 2012 dengan target utama meraih satu juta kunjungan langsung bergeliat. Tiap tahunnya rata-rata pertumbuhan pelancong naik hingga dua kali lipat. Sejumlah event nasional dan internasional mulai sering dilakukan. Lombok tiba-tiba menjadi destinasi wisata yang dipromosikan banyak agen perjalanan. Dan puncaknya pada tutup tahun 2012 target satu juta kunjungan itupun mampu diraih.

10.                        “Kampung Media” Sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Ini dia salah satu program unggulan pemerintahan M. Zainul Majdi yang paling “berbunyi” di tingkat nasional.  Sejak pertama kali diluncurkan pada 2009, Kampung Media sudah hadir di hampir setiap kecamatan di NTB, melibatkan kurang lebih 150 komunitas warga dan sekitar 950 orang yang membuat akunnya di portal kampung media.
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive