Be Your Inspiration

Thursday 14 August 2014

BPPD NTB Dukung Penuh Kegiatan Tapak Rinjani VIII

Gunung Rinjani 
Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB memberi dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan Tapak Rinjani VIII Tahun 2014. Kegiatan dua tahunan yang diinisiasi Mahasiswa Pencinta Alam Mapala) Fakultas Ekonomi Universitas Mataram (Unram) ditargetkan akan diikuti 50 tim, baik yang berasal dari dalam daerah, luar daerah dan luar negeri.


Ketua Panitia Tapak Rinjani VIII, Agus Jayadi Putra, mengatakan kegiatan Tapak Rinjani dimulai sejak 1996 lalu. Sementara pada tahun 2014 ini, merupakan kegiatan Tapak Rinjani yang keVIII.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan Tapak Rinjani agar daerah NTB semakin dikenal, baik di nasional maupun mancanegara. Di mana NTB sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata dan budaya khususnya yang ada di Pulau Lombok. “Keindahan panorama Rinjani adalah daya tarik kami untuk mengadakan event Tapak Rinjani,” terangnya saat memberi keterangan pers di Kantor BPPD NTB, Rabu (13/8).


Selain itu, kata Agus, kegiatan Tapak Rinjani  bertujuan untuk berpartisipasi dalam menjaga dan membersihkan kawasan Gunung Rinjani dari sampah. Apalagi saat ini kawasan Gunung Rinjani sudah ditetapkan menjadi Geopark Nasional akhir 2013 lalu. “Kita juga mendukung pemerintah untuk mensukseskan Rinjani menjadi geopark dunia. Memberikan kontribusi nyata dalam melestarikan kawasan Gunung Rinjani,” imbuhnya.

Dalam event Tapak Rinjani VIII akan dilakukan sejumlah lomba/kegiatan. Di antaranya lomba lintas gunung, lomba bersih gunung, lomba fotografi, lomba masak ala gunung dan tour keliling Lombok. “Pesertanya dari seluruh daerah  se-Indonesia. Sekarang sudah ada peserta yang mendaftar dari luar negeri, yakni  Bulgaria, tambahnya.

Disebutkan, pada kegiatan Tapak Rinjani VII tahun 2012 lalu, jumlah tim yang ikut sebanyak 47 tim. Masing-masing tim terdiri dari 4 peserta. Untuk tahun ini, ditargetkan jumlah peserta sebanyak 50 tim, baik dari dalam dan luar negeri dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 35 juta. Dalam kegiatan Tapak Rinjani ini, nantinya akan dilakukan upacara pengibaran bendera merah putih di Danau Segara Anak.

Sementara itu, Ketua BPPD NTB, Taufan Rahmadi mengatakan BPPD NTB mendukung penuh kegiatan Tapak Rinjani VIII yang akan dilaksanakan pada 14-19 Agustus 2014 itu. “BPPD NTB men-support juga di dalam pelaksanaannya. Kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak isu masalah sampah di Rinjani,” katanya.

Menurutnya, erkait destinasi wisata merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Tetapi, dalam hal ini, lanjutnya, BPPD NTB tak bisa menafikan untuk terus menerus bersinergi dengan semua kalangan. “Kita menyambut baik kegiatan ini. Bahwa kawan-kawan dari Fakultas Ekonomi Unram ini mempunyai kemauan untuk melakukan sebuah kegiatan yang sangat mulia. Ditambah mereka mengikutsertakan orang luar terlibat dalam kegiatan itu. Di situlah nilai promosinya,” terangnya.

Selain itu, BPPD juga mendukung penuh pembuatan film tentang pariwisata Lombok. Dalam proses penyelesaian film itu, lanjutnya, BPPD NTB akan memberikan dukungan maksimal. “Karena melihat konsep yang ditawarkan dan konsep pengerjaannya sangat cocok dengan daripada promosi yang kita lakukan di segementasi wisatawan anak muda,” tambahnya.
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive