Be Your Inspiration

Thursday 7 August 2014

Kantor Bank NTB Taliwang Diteror Bom Rakitan




Seorang petugas kepolisian saat melakukan pengamanan dua botol 
bom rakitan yang ditemukan 
di Kantor Bank NTB Cabang Taliwang, Kamis (7/8/2014)
Kantor Bank NTB Cabang Taliwang, Kamis (7/8/2014) sempat dilakukan sterilisasi oleh aparat Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Hal ini dilakukan menyusul ditemukan bom rakitan di kantor bank milik pemerintah daerah tersebut.


Informasi yang diperoleh  bom rakitan tersebut pertama kali ditemukan oleh salah seorang Satpam Bank NTB di bagian belakang gedung Kantor Bank NTB. Saat ditemukan, bom tersebut berada dalam satu tempat. Bom rakitan sementara bentuknya terbungkus dalam dua buah botol terpisah. Satu botol dengan material kaca (beling) dan botol lainnya berbentuk botol bekas air mineral (plastik).

Kapolres KSB AKBP Teddy Suhendyawan Syarif, SIK yang dikonfirmasi, membenarkan temuan tersebut. Menurut dia pihaknya langsung terjun ke lokasi begitu mendapatkan laporan dari Bank NTB saat itu. ‘’Kalau tidak salah tadi kita dapat laporan dari Bank NTB sekitar pukul 11.40 Wita. Dan kita langsung turunkan tim jihandak,’’ jelasnya.


Dari material yang terdapat dalam kedua botol tersebut, polisi dapat memastikan temuan tersebut masuk dalam kategori bom. Sebab sumbu, bubuk berupa urea (pupuk) ditemukan di dalam botol. Kapolres menyebutkan rangkaian yang digunakan untuk mekanisme pemicunya adalah rangkaian konvensional. “Ini seperti bom ikan. Kalau daya ledaknya minimum explosive,’’ jelasnya seraya menambahkan, pihaknya telah mengamankan dua botol bom rakitan tersebut dengan cara meledakkannya.

‘’Setelah kita ambil di Bank NTB, anggota langsung membawa ke lapangan tembak Pantai Balad dan di sana kita ledakkan. Jadi sekarang semua sudah aman di lokasi,’’ tambah kapolres.

Meski telah berhasil menjinakkan bom rakitan tersebut, aparat Polres KSB belum dapat memberikan keterangan lebih jauh seputar asal usul bom yang diperkirakan berdaya ledak rendah itu. Kapolres menyebutkan, pihaknya belum meminta keterangan kepada pihak Bank NTB terutama kepada Satpam yang pertama menemukan dan melaporkannya. “Kita sekarang baru mau cek ke  yang menemukan bom pertama kali. Jadi kalau ditanya asal usul bom itu dari mana belum bisa kita jelaskan. Yang pasti temuan itu akan kita telusuri dan kembangkan terus,” tegasnya.

Sementara itu,  temuan bom rakitan tersebut tidak mengganggu aktivitas Bank NTB Cabang Taliwang. Bank tetap memberikan pelayanan kepada nasabahnya tanpa ada gangguan sedikit pun. “Semuanya lancar. Pelayanan kami tetap berjalan dan kita juga sedang melakukan pengepakan barang untuk pindah ke kantor baru,’’ Kepala Bank NTB Cabang Taliwang H. Mahidin di damping  Wakilnya Abdul Hafidz.

Mahidin menambahkan, pihak bank menyerahkan sepenuhnya penemuan tersebut kepada kepolisian selaku aparat keamanan. Ia percaya aparat akan menjalankan tugas untuk mengusut tuntas temuan  tersebut. ‘’Kami tidak tahu itu apa yang jelas sekarang sudah diamankan oleh aparat kepolisian. Dan kami berterima kasih kepada aparat dengan kesigapannya sehingga  aktivitas pelayanan kami kepada nasabah tetap berjalan dengan lancar,’’  pungkasnya. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive