Be Your Inspiration

Friday 31 October 2014

Pencarian Pesawat Jatuh di Sumbawa, Tim Temukan Kaca pesawat dan Jaket Pelampung




Pencarian Pesawat Jatuh Liberty XL 2 di sekitar Pulau Moyo Sumbawa NTB
Hingga Jumat (31/10/2014), pencarian pesawat latih yang hilang dan diduga jatuh di sekitar perairan Teluk Saleh atau sekitar Pulau Moyo, masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari Basarnas, TNI/Polri dan BPBD Sumbawa. Dari Sejauh ini, tim menemukan sejumlah benda yang diduga berasal dari pesawat latih dimaksud. Seperti tabung pemadam kebakaran, penutup kaca pesawat dan jaket pelampung .


Informasi yang dihimpun Suara NTB, pencarian yang difokuskan sekitar perairan Pulau Moyo dan Dusun Limung tepatnya di titik kordinat 08”20’09.8 Lintang Selatan, 117 derajat 32’41,5’ Bujur Timur yang diduga sebagai lokasi jatuhnya pesawat juga melibatkan tim penyelam. Pencarian juga meluas di wilayah sekitarnya dengan personel yang lebih banyak. Termasuk personel TNI AL dari Labuhan Pade, juga ikut terlibat melakukan pencarian. Tim berhasil menemukan sebuah tabung pemadam kebakaran berwarna merah, yang diduga bagian dari kelengkapan pesawat latih itu.
Tampak tim gabungan dari Basarnas dan Polres Sumbawa mencari
pesawat Liberty XL2 di Dusun Limung Sumbawa NTB.

Selain itu, helikopter milik Basarnas juga sempat menemukan benda berwarna perak alumininum foil yang mengapung di laut sekitar lokasi, pagi harinya. Menjelang siang pencarian sempat dihentikan sejenak melihat kondisi laut dan angin kencang. Pencarian kembali dilakukan setelah selesai ibadah Shalat Jumat. Benda-benda lain seperti jaket pelampung juga berhasil ditemukan sekitar lokasi.

Kapolsek Moyo Hilir, AKP. Abdul Sani, menyebutkan, jaket pelampung tersebut ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan alumunium foil. Yang diduga kuat berasal dari dalam pesawat. Bahkan tekhnisi pesawat itu juga sudah turun langsung ke lapangan memastikan bahwa benda-benda itu berasal dari pesawat latih yang hilang itu. Menurut Sani pencarian masih akan terus dilakukan sampai ada perintah lebih lanjut untuk penghentian.

Kepala BPBD Sumbawa, Mukmin, juga menyebutkan wilayah pencarian semakin diperluas di Pantai Limung dan sekitarnya dengan melibatkan tim penyelam. ‘’Sejauh ini pencarian masih terus dilakukan oleh tim,’’pungkasnya.

Sementara itu, Badan SAR Surabaya, Jawa Timur, mendatangkan satu helikopter untuk membantu pencarian pesawat latih Lombok Institute Flight Technology  (LIFT) yang hilang kontak di perairan Pulau Moyo, Sumbawa, Kamis (30/10) lalu. ‘’Saat ini helikopter Bolkow 105 dari Badan SAR Surabaya dalam perjalanan menuju Mataram," kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Mataram Budiawan di Mataram.

Menurutnya, dengan adanya bantuan dari Surabaya, maka upaya pencarian melalui udara akan didukung dengan dua helikopter, sedangkan pencarian di laut menggunakan dua kapal.

Sampai Kamis malam pencarian belum menemukan titik terang. Bahkan, untuk sementara upaya pencaharian dihentikan dan dilanjutkan pada Jumat (31/10) pagi kemarin.

Pesawat latih jenis Liberty tipe XL2 milik sekolah penerbangan LIFT dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa,  Kamis sekitar pukul 11.25 WITA. Dia menjelaskan, pesawat latih jenis Liberty tersebut membawa dua penumpang, masing-masing Capt. Boon Hua Lua, bersama siswa penerbang Jati Wikanto, siswa yang berasal dari Jakarta.

Pesawat tersebut dilaporkan berangkat dari Bandara Internasional Lombok menuju Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III (Brangbiji) Sumbawa Besar, namun hilang kontak ketika berada di sekitar perairan Pulau Moyo, pukul 11.25 WITA.

Basarnas Mataram kemudian mendapat laporan tentang hilangnya pesawat latih tersebut sekitar satu jam atau pukul 12.30 WITA, setelah pesawat hilang kontak. Selain Basarnas, upaya pencarian juga melibatkan pihak Bandara Sultan Kaharuddin III, aparat kepolisian, TNI, dan nelayan di perairan Pulau Moyo. Bahkan, tim bantuan dari Basarnas Mataram juga telah diberangkatkan menuju lokasi dimana pesawat diperkirakan jatuh. (Suara NTB)

Tim gabungan masih terus melakukan penyisiran di perairan mencari pesawat yang hilang. T. (Suara NTB/arn)







Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive