Be Your Inspiration

Thursday 6 November 2014

Pariwisata NTB, Kunjungan Meningkat, Infrastruktur Masih Mengecewakan



seorang petugas hotel di Gili Air Lombok Utara membawa perlengkapan
hotel menggunakan sepeda.
Setiap tahun angka kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tujuan NTB terus mengalami peningkatan. Sayangnya peningkatan itu tidak sejalan dengan pemerataan pembenahan infrastruktur berupa ketersediaan fasilitas umum (Fasum) pada objek pariwisata di NTB.

Salah satu akademisi yang melakukan pengamatan terhadap perkembangan pariwisata NTB mengungkapkan kondisi infrastruktur di daerah ini masih miris. Sejumlah objek pariwisata yang dinilainya cukup potensial belum mendapat sentuhan untuk dikembangkan secara maksimal. Padahal, objek – objek wisata yang potensial itu acap dikunjungi oleh wisatawan  dalam maupun luar negeri.

“Kemajuan pariwisata NTB berkembang pesat. Beberapa indikatornya adalah meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke NTB, kemudian destinasi wisata daerah ini sudah mulai dilirik dari luar, buktinya arah visitor, atau study tour, baik dari Bali dan Jawa sudah mengarah ke NTB,” jelas Direktur Akademi Pariwisata (Akpar) Mataram, Drs. I Putu Gede, M.Par, Kamis (6/11/2014).

Dia mengungkapkan tidak sedikit objek pariwisata di NTB ini memiliki potensi untuk dikembangkan. Meski demikian, dia tidak menampik bahwa pemerintah terus menggarap dengan serius agar sektor pariwisata berjalan maskimal. Ia hanya berharap agar pemerintah tidak hanya terpaku untuk mengembangkan beberapa  objek saja, melainkan banyak titik objek wisata yang juga perlu mendapat sentuhan.

“Hampir seluruh kawasan wisata di Lombok ini sangat potensial, dan itu harus digarap dengan maksimal. Tetapi kita yakin dan optimis bahwa pemerintah pasti serius melalui kebijakannya untuk menata dan mengelola objek wisata kita. Namun yang perlu ditekankan, semestinya pemerintah juga melihat mana objek wisata yang perlu dikembangkan,” tambahnya.

Sementara itu, dari pihak pemerintahan khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB saat ini membidik objek – objek wisata unggulan untuk mendapatkan perhatian dan pengembangan. Salah satu objek wisata unggulan yang sedang dikembangkan itu adalah objek wisata Gili Trawangan. Saat ini, pemerintah sedang membangun jalan lingkar sebagai wujud realisasi penataan destinasi wisata. Proyek yang menelan anggaran senilai Rp 3,5 miliar itu ditargetkan selesai pada 19 Desember 2014 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Drs. H. Muhammad Nasir mengungkapkan proyek itu sedang dikebut agar pengerjaannya tidak sampai keluar pada tenggat yang sudah ditentukan. Sebelumnya ia mengatakan proyek itu akan diselesaikan dalam masa pengerjaan sekitar 160 hari. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive