Be Your Inspiration

Friday 7 November 2014

Pencarian Pesawat Liberty XL 2 yang Jatuh di Pulau Moyo Sumbawa Dihentikan



Kepala Kantor SAR Mataram, Budiawan


Basarnas bersama instansi lain yang terlibat dalam pencarian pesawat latih Liberty LX2 - KKL milik PT.LIFT, sepakat menghentikan proses pencarian. Penghentian ini setelah tim maksimal mengidentifikasi, bahkan dua hari perpanjangan.

‘’Pencarian sudah kami lakukan tujuh hari, bahkan sudah diperpanjang dua hari, tapi hasilnya nihil sampai sejauh ini," kata Kepala Kantor SAR Mataram, Budiawan, Jumat (7/11/2014) petang.


Keputusan penghentian operasi pencarian itu juga dikoordinasikan dengan Polair Polda NTB, BPBD  Sumbawa. "Berdasarkan kesepakatan, penghentian pencarian diputuskan Pukul 17.00 Wita," terang Budiawan.

Selama proses pencarian dengan total durasi waktu sembilan hari ini, sudah dilaporkan ke Basarnas pusat, sehingga berdasarkan gambaran yang disampaikan, Basarnas pusat memerintahkan dihentikan. "Kami sudah berusaha maksimal melaksanakan operasi, mengerahkan kekuatan bersama Polair dan BPBD, tapi hasilnya tidak ada tanda tanda kearah temuan ke pesawat dan korban," terangnya. 

Tapi berdasarkan hasil identifikasi, pesawat diperkirakan sudah terseret arus bawah laut yang deras. Dari petunjuk selama pencarian, dipastikan pesawat latih itu terseret ke arah selatan, dari Teluk Saleh menuju arah selat, bahkan diperkirakan tembus ke samudera.  Petunjuk ini berdasarkan barang barang yang ditemukan, seperti tabung pemadam kebakaran, aluminium foil, sampai ke ransel, dompet serta KTP, mengarah ke arus selatan.

Juga tidak ada tanda tanda ditemukan korban. Diperkirakannya, korban terperangkap pada seat belt pesawat. Sebab diprediksinya, jika korban tidak terikat seat belt, maka akan terapung sejak tiga hari tenggelam. 

Keluarga korban juga sudah dikonfirmasi, bahkan sudah merelakan penghentian proses pencarian. Hanya saja, jika ada petunjuk mengarah kepada tanda-tanda penemuan pesawat, maka pencarian akan dilakukan lagi. "Kita akan buka lagi operasi pencarian," pungkasnya.(Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive