Be Your Inspiration

Tuesday 18 November 2014

Festival Tambora 2014 Media Promosi dan Pemersatu


Tambora Menyapa Dunia terus digelorakan Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Dompu dan masyarakat, melalui berbagai kegiatan, salah satu dengan menggelar Festival Tambora 2014. Terlebih pada April 2015 mendatang diperingati 2 abad meletusnya Gunung Tambora (1815-2015).


Festival Tambora dibuka Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Muhammad Amin di Lapangan Beringin Kantor Bupati Dompu, Sabtu pagi (15/11/2014) lalu. Wagub didampingi istri Hj. Syamsiah M. Amin, Bupati Dompu H. Bambang Yasin, Wakil Bupati Dompu H. Syamsuddin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Muhammad Nasir dan Kepala Dinas Perkebunan NTB,  Husnul Fauzi.

Wagub menyatakan NTB menargetkan kunjungan wisatawan tahun 2018 sebanyak 2 juta orang. Visit Lombok Sumbawa dan Tambora Menyapa Dunia menjadi program unggulan untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin ke NTB. Sehingga sejak 2 tahun terakhir ini dilakukan berbagai kegiatan di antaranya Festival Tambora ini yang menampilkan berbagai kreasi budaya dan seni. Dirangkai  Expo Kopi Tambora, lomba lari 10 K, menggambar, lomba busana, Pemilihan Putri Pariwisata Dompu dan pementasan seni budaya.

Menurut Wagub, event seperti penting dilaksanakan bahkan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, sebagai ajang promosi dan perekat kebersamaan menuju persatuan yang hakiki. Untuk itu Wagub dan Bupati Dompu mengimbau seluruh kalangan agar menjadi mendukungnya dengan menjaga keamanan dan stabilitas daerah. “Supaya para tamu dan wisatawan mau serta nyaman berkunjung ke Dompu,” tandas Wagub.

Terlebih lagi melihat potensi yang dimiliki Dompu, sejarah kerajaan, Gunung Tambora yang terkenal di dunia, kawasan pantai, dan potensi budaya serta potensi pertanian dan perkebunan, seperti jagung, kopi, mete, tebu, yang sangat menjanjikan. “Jadi mari kita jaga potensi kita ini, karena ini investasi besar dan bisa membawa masyarakat menuju kesejahteraan. Ayo kita jaga kebersamaan dan persatuan,” tandas Wagub.

Kegiatan festival seperti ini dan kampanye Tambora Menyapa Dunia, ungkap Wagub, untuk memperkenalkan NTB kepada dunia melalui kekayaan alam, seni  budaya dan pariwisata  sehingga masyarakat Dompu harus berbangga dengan potensi yang dimiliki.

Bupati Dompu H.Bambang Yasin, mengajak masyarakat Dompu untuk menjaga keamanan dan sama – sama mensukseskan rangkaian kegiatan menyongsong Tambora Menyapa Dunia April 2015 mendatang.  “Kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan dompu khususnya dan NTB umumnya. Kegiatan ini secara ekonomi dapat menguntungkan masyarakat Dompu,’’ ucapnya.

Rangkaian Festival Tambora dimeriahkan dengan ragam kegiatan., antara lain Lomba 10 Km,Lomba Busana Muslim, Lomba Menggambar, pementasan seni budaya, dan Pemilihan Putri Pariwisata Dompu.
Selain itu, Festival Tambora juga dimeriahkan Expo Produk Perkebunan NTB dengan memperkenalkan berbagai produk yang dapat menjadi icon yakni, kopi tambora , bekerjasama dengan Dinas Perkebunan NTB. Berbagai varian kopi disuguhkan dengan rasa yang berbeda. Selain kopi ada juga kakau, mente dan tebu.

Dalam kesempatan tersebut Wagub NTB bersama Wabup Dompu, serta Kepala Dinas Perkebunan NTB, Ir. Husnul Fauzi, Msi, dan Kadis Budpar NTB Drs. Muhammad Nasir, dan Kepala Bakorluh NTB, Ir. Husnanidiaty menyempatkan diri mengunjungi kebun tebu di Doro Peti kawasan Gunung Tambora  yang dikelola PT. Sukses Mandiri Sejahtera (SMS). Kemudian meresmikan kedai kopi yang berada di sekitar gunung Tambora yakni KEDAI KOFFE”KING KOFFE 1 dan MAFIKI TAMBORA di wilayah Dompu dan Bima.

Husnul Fauzi mengutarakan Kopi Tambora ada sejak zaman Belanda, memiliki nilai sejarah yang tinggi dan rasa yang khas dengan kopi lainya.  Masyarakat dan pihak swasta kini mulai terlibat dalam pengembangannya maupun produksi serta pemasarannya. NTB ingin memiliki icon kopi dengan khas dunia, sehingga peningkatan kualitasnnya terus dikembangkan.(*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive