Be Your Inspiration

Wednesday 19 November 2014

Ibu Negara Iriana Joko Widodo Bangga Gunakan Busana Motif Sasak Lombok


 
Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Hj. Mufidah Jusuf Kalla
dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri
memukul gendang beleq sebagai tanda pembukaan
bazar amal tahunan Women's International Club
di Jakarta Convention Center, Rabu (19/11/2014)

Tarian Sukadare dari Pulau Lombok mewarnai pembukaan Bazar Amal Tahunan ke-47 Women’s International Club (WIC) di Jakarta Convention Center (JCC) Hall B, Rabu (19/11). Acara yang dikemas bernuansa NTB ini dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang ditandai dengan pemukulan gendang beleq.


Peserta bazar amal tahunan Women's International Club
berpose bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo
istri Wakil Presiden Hj. Mufidah Jusuf Kalla,
mantan Presiden Megawati Soekarnoputri,
Ketua Tim Penggerak PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi.

Dalam siaran pers yang diterima, Rabu (19/11/2014) pada pembukaan tujuh penari mempersembahkan tarian Sukadare di hadapan Ibu Negara, Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, istri Gubernur DKI Jakarta Veronica Basuki Tjahaja Purnama dan istri Gubernur NTB selaku Ketua Dekranasda NTB Hj. Erica Zainul Majdi. 
Ketua Tim Penggerak PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi
memberikan penjelasan mengenai cara menenun
pakaian tradisional Sasak pada Ibu Negara Iriana Joko Widodo


Presiden WIC Diksha Lalchandani, menjelaskan, kegiatan tersebut lebih difokuskan untuk mempromosikan keberagaman kebudayaan Indonesia, terutama NTB. ‘’Makanya, tahun ini sengaja WIC mengusung nuansa NTB atau Lombok Sumbawa, sebagai tema utamanya,’’ terangnya.

Menurutnya, kegiatan bazar amal tahunan ke-47 WIC melibatkan peserta dari 48 negara. Masing-masing negara ini turut dalam gerai pameran produk yang diselenggarakan selama 19 – 20 November 2014. Bazar juga diramaikan 217 gerai usaha dan diharapkan bisa mendorong peningkatan kesejahteraan sosial dan pendidikan. “Nantinya dana dari hasil acara ini akan disumbangkan bagi mereka yang kurang mampu,” ujarnya.

 
Ibu Negara Iriana Joko Widodo memamerkan motif
kain tenun Sasak yang digunakan saat membuka 
Women's International Club
di Jakarta Convention Center, Rabu (19/11/2014)
Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan busana kebaya merah dipadu kain tenun bercorak warna-warni yang merupakan kerajinan tenun Sasak terlihat anggun. Bahkan, dalam sambutannya mempromosikan mengenai potensi tenun khas NTB di hadapan tamu undangan. “Ini saya pakai kain tenun NTB,”  ujar Iriana memamerkan kain bermotif cangkir yang dipakainya.

Usai pembukaan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan meninjau pameran didampingi Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri dan Hj. Erica Zainul Majdi. Saat tiba di gerai pameran stand NTB, Ibu Negara berkesempatan melihat langsung teknik menenun tradisional khas NTB. Istri orang nomor satu di Indonesia itu mengaku kagum dan waktu itu juga banyak bertanya tentang kekayaan budaya NTB lainnya. 
Dengan piawai, Hj. Erica Zainul Majdi pun kemudian menerangkan tentang keragaman seni budaya dan potensi NTB lainnya, khususnya kerajinan. Di antaranya, corak dan motif tenun NTB yang sangat banyak. Hingga proses pembuatan Tenun NTB. Termasuk budaya adat menenun yang menjadi budaya wajib dikuasai oleh gadis Sasak.(*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive