Be Your Inspiration

Tuesday 25 November 2014

Lotim Latih Pemandu Wisata Terpadu




Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Senin (24/11/2014)  menggelar pelatihan untuk para pemandu pariwisata secara terpadu di Gili Lampu Kecamatan Sambelia. Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta ini menghadirkan pemateri dari Belanda, Mr. Bahs Vander


Dijelaskan Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Sumber Daya Wisata, Supriadi kepada Suara NTB mengatakan, kegiatan pelatihan para pelaku wisata yang berada di garda terdepan pariwisata ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman pengembangan pariwisata yang mengedepankan sapta pesona.

Para pemandu juga bisa menjadi pelaku dari kegiatan promosi wisata karena banyak bersentuhan langsung dengan para wisatawan. Sedangkan pemateri asal Belanda tu sendiri sengaja didatangkan karena secara kebetulan berada di Kabupaten Lombok Timur membantu pengembangan pariwisata.

Dari penjelasan pelaku wisata asal Belanda itu menyampaikan materi tentang Studi Komparasi Kepariwisataan Antara Belanda, Amerika dengan Lombok. Sejumlah sisi lemah pembangunan pariwisata Lotim. Salah satunya dalam hal akses internet. Layanan informasi yang dapat disajikan Lotim untuk masyarakat Luar negeri ini masih sangat terbatas. Para wisatawan katanya masih terbatas sekali pengetahuannya tentang Lotim.   

Disarankannya yang tersaji adalah apa yang menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat. Sarannya tampilan dalam bentuk website atau lainnya adalah informasi mengenai keberadaan Lotim apa adanya. Seperti kebudayaan Lotim yang diakui sangat kaya.

Pemkab Lotim sendiri terus mencoba menggerakkan potensi pariwisata ini sebagai salah satu lokomotif pembangunan perekonomian masyarakat. Sektor jasa dari pariwisata ini banyak yang bisa digerakkan dan diyakinkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive