Be Your Inspiration

Thursday 13 November 2014

Teluk Bumbang, Taman Wisata Perairan Sekaligus Kawasan Penghasil Benih Lobster Kelas Dunia



Pesona Teluk Bumbang Pujut Lombok Tengah. Teluk ini dijadikan
sebagai lokasi budidaya lobster oleh pengusaha lokal dan nasional.
Teluk Bumbang, namanya oleh banyak orang belum begitu dikenal. Sekilas dari nama itu tergambar sebuah wilayah yang indah, dan eksotis. Yah, kira-kira begitulah, Teluk Bumbang memang indah dan benar-benar masih “perawan”. Teluk itu sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata perairan dan penghasil benih lobster kelas dunia.


Kenapa? Sebab selain indah, pantai di Teluk Bumbang diperkirakan menyimpan ribuan hingga jutaan potensi benih lobster, karena perkiraan suhu perairannya yang memang paling sesuai untuk biota laut bernilai jual tinggi itu.


Gak nyangka kan? Nusa Tenggara Barat memang benar-benar kaya. Kaya dari budayanya, kaya dari hasil alamnya, dan kaya dari objek wisatanya. Bila ingin merefresh diri dari kejenuhan dan kepenatan, rasanya Teluk Bumbang adalah salah satu solusinya.

Pesona Teluk Bumbang Pujut Lombok Tengah. Seorang wisatawan asing
menikmati Teluk Bumbang yang indah.

Lokasinya secara administratif berada di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, cirinya,  tutupan karang di wilayah tersebut paling tinggi dibandingkan  wilayah lain di Lombok Tengah. Cukup mudah menjangkaunya, cukup mengikuti jalur utama menuju kawasan Mandalika Resort.

Jaraknya tak begitu jauh dari padang golf yang saat ini sedang dibangun. Teluk Bumbang terhitung bersebelahan dengan Teluk Awang yang juga sudah ditetapkan sebagai kawasan penghasil benih lobster yang banyak dikirim keluar negeri.
Pesona Teluk Bumbang Pujut Lombok Tengah.Tempat budidaya
lobster oleh petani dan pengusaha lokal dan nasional

Untuk masuk ke kawasan Teluk Bumbang, memang tidak ada tanda khusus sebagai penunjuk arahnya. Masuknya tetap dari jalan raya Awang. Namun jika ditanya di masyarakat yang ada di kawasan Mandalika Resort, nampaknya semua sudah pasti tahu.

Mengikuti rute masuk ke kawasan Teluk Bumbang, rasanya memang sedikit menjenuhkan. Karena sekeliling kiri kanan jalan yang terlihat hanyalah pohon-pohon kecil yang sedang kekeringan. Tapi jangan khawatir, soal infrastruktur, lumayanlah, meskipun belum diaspal halus.

Kejenuhan akan hilang, ketika sampai di teluk yang berada dibalik-balik bukit itu. Indah, bersih, sepi dan pantai berpasir putih kemerah-merahan itu. Dan itulah ternyata yang menjadi surprise-nya. Rasa membosankan itu akan terbayar begitu sampai di sana.

Pesona Teluk Bumbang Pujut Lombok Tengah. Wisatawan asing
yang baru turun dari menikmati indahnya Teluk Bumbang.

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, yang melihat ada potensi besar di teluk itu, juga telah menjadikannya sebagai kawasan konservasi yang mencapai luas area 22 ribu hektar. Bahkan masyarakat yang rata-rata masyarakat pesisir tradisional disanapun telah diajarkn untuk memelihara biota laut yang menjadi kekayaan utama perairan di sana, yakni sarang berkumpulnya benih lobster.

Teluk Bumbang sudah dibagi menjadi beberapa  zonasi, yakni zona inti, zona rehabilitasi serta zona perikanan berkelanjutan. Dengan pembagian zonasi itu, kawasan Teluk Bumbang dilarang masyarakat untuk menangkap ikan, apalagi mengggunakan peralatan-peralatan tangkap yang dapat merusak ekosistem di kawasan tersebut. Hasilnya, kawasan yang diapit oleh bukit-bukit itu hingga kini tetap cantik.


Bahkan dengan potensi kelautan perikanan berupa benih lobster yang berkembang secara alami di sana, beberapa organisasi pelestarianpun ikut ambil bagian menjaga ekosistem perairan yang stabil di sana.
Wilayah konservasi perairan Teluk Bumbang juga sudah masuk dalam master plan pengembangan minapolitan atau pusat perikanan, bahkan Pemda setempat banyak berupaya membantu masyarakat pesisir disana, terutama pengembangan rumput laut. 

Pemandangan yang paling unik adalah, laut yang indah, udara pantai yang bersih, serta banyaknya keramba yang dibuat oleh para nelayan. Benar-benar terlihat seperti perpaduan kearifan local dan keindahan alam. Kesimpulannya sekali lagi, bagi yang mau menenangkan diri dan berlibur, rasanya tak salah berkunjung ke Teluk Bumbang. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive