Be Your Inspiration

Thursday 11 December 2014

Komisi VIII DPR RI Siap Pasang Badan Wujudkan UIN Mataram



Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi didampingi 
Wakil Gubernur H. Muh. Amin saat menerima 
kunjungan Komisi VIII DPR RI yang dipimpin Deding Ishak .
Komisi VIII DPR RI yang membawahi Kementerian Agama (Kemenag) mengaku siap pasang badan mendukung terwujudnya Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram di NTB. Diharapkan, IAIN Mataram yang akan menjadi cikal bakal UIN Mataram dapat menjadi pusat pendidikan kajian Islam di Indonesia Timur.


“Komisi VIII mendukung dan akan memudahkan keinginan pihak IAIN untuk melakukan perubahan dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri di NTB yang menjadi pusat peradaban keilmuan keislaman di Indonesia Timur,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. H. Deding Ishak saat melakukan kunjungan kerja menyerap aspirasi daerah di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Kamis (11/12/2014).

Deding mengatakan akan siap membantu pihak IAIN Mataram dan Pemprov NTB supaya UIN segera terwujud. Termasuk memberikan dukungan penganggaran untuk melengkapi berbagai fasilitas-fasilitas pendukung yang menjadi syarat IAIN dapat berubah status menjadi UIN seperti ketersediaan gedung.
‘Sehingga alumninya berkontribusi pada bidang lain sesuai tantangan Pemprov NTB. Kami memberikan dukungan serta komitmen, tentunya apabila persyaratan dapat dipenuhi oleh IAIN Mataram,” katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi  terkait dengan upaya mewujudkan IAIN Mataram menjadi UIN terus dilakukan. Sebagai Ketua Dewan Penyantun IAIN Mataram, dirinya bersama pimpinan IAIN Mataram telah menghadap Menteri  Agama, H. Suryadarma Ali ketika zaman pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada saat itu, Menag secara eksplisit menyatakan persetujuannya.

Diharapkan, pemerintah pusat segera menjadikan IAIN Mataram sebagai UIN pertama di NTB. Dengan adanya pendidikan tinggi Islam yang berkualitas perlu untuk segara diadakannya UIN di daerah ini.”Saya mengharapkan dukungan dan bantuan mendorong ini supaya terwujud,” imbuhnya.

Doktor Ilmu Tafsir dari Universitas Kairo Mesir ini mengharapkan, UIN Mataram nantinya bisa berkembang menjadi pusat kajian dan keilmuan Islam di Indonesia Timur. “Kita bisa menawarkan pemikiran Islam yang baik. Dengan danya pendidikan tinggi berkualitas maka kajian  agama dengan baik,”pungkasnya. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive