Be Your Inspiration

Sunday 28 December 2014

Pemkab Loteng Tetapkan ‘’Bau Nyale’’ Tanggal 9 dan 10 Februari 2015


Setelah sempat terjadi silang pendapat terkait waktu pelaksanaan core event Bau Nyale, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akhirnya menetapkan pelaksanaan event budaya berskala nasional tersebut pada tanggal 9 dan 10 Februari 2015 mendatang. Keputusan tersebut diambil setelah para tokoh adat yang sebelumnya menggelar Sangkep Warige (rapat penentuan Bau Nyale), kembali menggelar rapat pada Jumat (26/12/2014) malam.


 ‘’Waktu pelaksanaan Bau Nyale sudah ditetapkan,” sebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng, H.L. Putrie, Sabtu (27/12/2014). Putrie mengungkapkan, dalam rapat penetuan akhir kemarin, selain dihadiri para tokoh adat, juga dihadiri Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT, bersama unsur pejabat lingkup Pemkab Loteng lainnya.
 
Ia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar keputusan. Sehingga Pemkab Loteng memutuskan untuk menggelar core event Bau Nyale pada awal Bulan Februari tersebut. Pertama, karena tanggal tersebut sesuai dengan penanggalan Sasak. Dan yang kedua, mayoritas tokoh adat dalam pertemuan pertama sebelumnya, lebih condong pada tanggal tersebut.
 
“Memang ada beberapa tokoh yang mengatakan tanggal 10 dan 11 Maret. Tetapi lebih banyak yang memilih tanggal 9 dan 10 Februari,” tambahnya. Para tokoh adat pun meyakini pada tanggal tersebut, Nyale tetap akan keluar. Kendati prediksi awal, Nyale akan lebih banyak keluar pada tanggal 10 dan 11 Maret 2015.

Dengan telah ditetapkannya waktu pelaksanaan Bau Nyale tersebut, maka kini pihaknya akan segera melakukan persiapan-persiapan. Salah satunya, persiapan pembentukan panitia pelaksana. “Untuk panitia Bau Nyale, segera akan kita bentuk,” tegas Putrie.

Diakuinya, persiapan pelaksanaan Bau Nyale kali ini memang sengaja dipercepat. Supaya bisa memberikan waktu lebih luang bagi pemerintah daerah dalam mempersiapkan event tahunan milik masyarakat Loteng tersebut. Terlebih pemerintah daerah menginginkan pelaksanaan Bau Nyale kali ini jauh lebih meriah dan semarak dari pelaksanaan Bau Nyale tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga butuh waktu persiapan yang panjang. Agar persiapannya bisa benar-benar matang. Dan, untuk menambah semarak perayaan Bau Nyale kali ini, panitia nantinya juga akan menghadirkan artis dan grup band  asal ibu kota. Tidak tanggung-tanggung, grup band yang bakal dihadirkan untuk menghibur masyarakat yang hadir dalam perayaan Bau Nyale kali ini, ialah grup band Noah. “Rencananya untuk Bau Nyale kali ini, grup band Noah akan hadir menghibur masyarakat Loteng,” tandasnya. (Suara NTB)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive