Be Your Inspiration

Monday 8 December 2014

KH. Said Aqil Siraj Minta Umat Islam di NTB Khusyuk Berzikir



Ketua PBNU Menghadiri NTB Berzikir

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj, MA, mengingatkan seluruh kaum muslimin, khususnya di NTB agar khusyuk dalam berzikir dan mengingat Allah SWT. Selain itu, umat Islam harus selalu memelihara kebersihan hati.

Berceramah di hadapan ribuan jamaah yang merupakan PNS lingkup Pemprov NTB di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Senin (8/12/2014), Said Aqil menjelaskan, dalam membersihkan hati ada banyak cara yang dilakukan. Jika sudah mampu membersihkan hati, khususnya dari sifat perbuatan tercela, maka mereka termasuk orang yang dicintai Allah SWT.

Hadir juga di acara Tabliqh Akbar dan NTB Berzikir ini Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH. M.Si, Sekda NTB H. Muhammad Nur, SH, MH, bersama Para Asisten, pimpinan SKPD lingkup Pemprov NTB dan pengurus organisasi keagamaan di NTB.

Menurutnya, hati manusia memiliki 5 jenis nama di antaranya adalah mata hati yang disebut dalam Bahasa Arab bazirah. Fungsinya membedakan yang baik dan yang buruk. Kemudian domir atau moral yang akan menerima informasi dari bazirah dan akan mengeluarkan perintah-perintah. Sedangkan moral itu sendiri dibagi lagi menjadi 3 bagian, yakni moral lingkungan, moral legal formal atau moral komoni dan moral agama yang selalu mengajak kepada kebaikan.

Selanjutnya, nama hati yang ketiga, ujarnya, adalah fuad yang merupakan  bagian dari hati manusia yang selalu jujur dan tidak bisa berbohong. Ini adalah bagian hati yang berperan sebagai hakim pada setiap diri manusia dan dua bagian lainnya adalah mata hati sir dan latifah.

Ia  mengajak jamaah  untuk selalu menjaga kebersihan hati sebagai bekal dalam menjalani ibadah yang diperintahkan Allah yang dilandasi dengan iman dan ikhlas  agar mendapat  keselamatan di dunia dan akhirat
Sementara Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, menyampaikan  kegiatan tabligh akbar ini memiliki makna yang sangat penting sebagai sarana peningkatan ukhuwah Islamiyah. Selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus meningkatkan syi’ar Islam.

‘’Bagi kita umat Muslim, acara seperti ini merupakan sesuatu hal yang perlu untuk terus dilaksanakan, terlebih dengan keinginan kita untuk selalu berbuat baik untuk kemajuan bangsa dan negara, yang sama-sama kita cintai.  Dalam konteks inilah , segenap masyarakat  dalam menyambut HUT NTB ke-56 ini, marilah kita jadikan momentum ini untuk tetap bersemangat  dalam mengamalkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin,’’ ujarnya

Dirinya berharap bagi segenap masyarakat NTB, untuk terus berkontribusi menjadikan negara Indonesia damai dan sejahtera, khususnya dalam mengisi pembangunan dan menjaga  kerukunan umat beragama di daerah. (*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive