Be Your Inspiration

Wednesday 31 December 2014

Tenun NTB akan Ditampilkan di New York Fashion Week


Desainer Dian Pelangi (kiri) didampingi Ketua TP PKK NTB 
Hj. Erica Zainul Majdi di Pendopo Timur Gubernur NTB,
 Selasa (30/12/2014).

Keindahan motif pada produk kerajinan berupa kain tenun, songket dan batik NTB menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang Dian Wahyu Utami. Wanita yang akrab disapa Dian Pelangi ini merupakan salah satu dari desainer muda Indonesia yang telah meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional pada ajang fashion show di berbagai negara.


Dian Pelangi berkeinginan produk kerajinan berupa kain tenun, songket dan batik asal NTB akan ditampilkan pada ajang  ‘’Fashion Show Couture New York Fashion Week’’ di New York City Amerika Serikat 14 Februari 2015 mendatang. Keinginan itu disampaikannya saat bertemu jajaran Tim Penggerak (TP) PKK NTB yang dipimpin Hj. Erica Zainul Majdi, Wakil Ketua TP PKK Hj. Syamsiah H. Muh. Amin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan NTB Drs. H. L. Imam Maliki di Pendopo Timur, Selasa (30/12/2014).

Selain sebagai ajang promosi produk unggulan daerah, Dian berkeinginan menggali lebih jauh tentang proses bagaimana masyarakat  NTB memproduksi kerajinan, seperti batik ,tenun dan songket bahkan mutiara.

Apalagi, pada Fashion Show Couture New York Fashion Week itu akan menampilkan pertunjukan budaya dari berbagai belahan dunia yang merupakan ajang promosi pariwisata dunia.

Ia menambahkan, selain mempromosikan kain tenun dirinya bersama desainer lainnya asal Indonesia, akan mempromosikan busana Muslim dengan menampilkan busana yang full hijab dan universal, sehingga mudah diterima dengan baik oleh masyarakat di sana.

Salah seorang disainer yang turut hadir pada kesempatan itu, Barly Asmara menambahkan, tujuan dari program ini adalah untuk mengangkat kain tradisional NTB, sehingga adanya songket tenun dan batik akan diolah menjadi suatu produk fashion kelas dunia dan berharap mendapat dukungan dari pemerintah daerah.  

Menanggapi hal ini, Ketua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi, menilai momen tersebut harus dimanfaatkan dengan baik dalam mempromosikan potensi yang dimiliki. Pihaknya akan mem-follow up dalam rapat-rapat internal dengan instansi terkait, sehingga produk NTB bisa dikenal di mancanegara atau go international.  

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan NTB L. Imam Maliki. Menurutnya, promosi tenun khas NTB di luar negeri sebagai suatu hal yang positif dan harus segera ditindaklanjuti. ''Kami memberikan apresiasi dengan kondisi ini. Saya lihat ini akan memberi dampak positif bagi Nusa Tenggara Barat. Ini suatu yang sangat positif yang perlu kita respons'' jelasnya. (*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive