Be Your Inspiration

Sunday 21 December 2014

Lombok Sumbawa Night 2014 Berlangsung Meriah



 
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi didampingi Hj. Erica Zainul Majdi
berpose bersama penerima penghargaan
pada event Lombok Sumbawa Night
di Gelanggang Pemuda Mataram, Jumat (19/12/2014)
Event Lombok Sumbawa Night yang dilangsungkan di Gelanggang Pemuda Mataram Jumat (19/12/2014) malam  berlangsung meriah. Event ini digelar untuk menyemarakkan rangkaian hari ulang tahun NTB mengangkat tema “The Power Of Heritage”.


Drs. Muhammad Nasir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB dalam laporannya mengatakan event Lombok Sumbawa Night 2014 ini menampilkan warisan seni budaya daerah di NTB yang sudah dikenal dan diakui di tingkat nasional.
 

Event yang dihelat di Gelanggang Pemuda Mataram ini adalah ajang pemberian apresiasi kepada insan yang memiliki andil besar dalam pariwisata dan budaya yang telah mempromosikan Nusa Tenggara Barat.


Penari yang tergabung dalam grup Bulan Lante 
yang dipimpin Ramiun sedang membawakan 
Tarian Bianglala Bumi Gora pada 
event Lombok Sumbawa Night 2014 
Penghargaan pariwisata diberikan kepada Ari Garmono atas jasanya menemukan lebih dari 70 destinasi wisata air terjun di NTB. Dalam sebuah video dokumenter yang ditampilkan, Ari Garmono juga memperlihatkan bagaimana usahanya dalam menemukan air terjun Sekeper di Kabupaten Lombok Utara, dimana perlu waktu 2.5 jam berjalan kaki untuk sampai di air terjun ini. Air terjun sekeper menurut dia memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air mengalir yang cukup deras.

Tari Gendang Beleq menghiasi event Lombok Sumbawa Night 2014
\di Gelanggang Pemuda Mataram, Jumat (19/12/2014)

Sementara penghargaan budaya diberikan kepada sanggar Gendang Beleq, Peresean dan Dalang H. Lalu Nasib AR dalam usahanya melestarikan wayang kulit sasak. Ketiga budaya tersebut telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Warisan Budaya Takbenda Nasional. Apresiasi juga diberikan kepada musik anak-anak “Bulan Lante, tarian ‘Bianglala Bumi Gora” yang dipimpin Ramiun dan juga tarian “Dende Mas Kumala Manting” pada Lalu Suryadi Mulawarman yang telah mengharumkan nama NTB di tingkat nasional bahkan diminta pentas di Universitas Malaya sebagai pengisi acara.
 
Pertunjukan wayang Sasak yang dibawakan dalang senior Pulau Lombok
H. L. Nasib AR pada event Lombok Sumbawa Night 2014.
Ketiga tarian tersebut di kemas secara medley yang dikombinasikan dengan tarian daerah Sasak, Samawa dan Mbojo. Hal itu sengaja dikolaborasikan sebagai bentuk kesatuan nilai seni budaya Lombok Sumbawa.
Dalang kondang Lombok H. Lalu Nasib AR
Lombok Sumbawa Night 2014 dibuka dengan tarian Gendang Beleq dan Peresean pepadu cilik yang diakhiri dengan pementasan wayang kulit Sasak oleh dalang H. Lalu Nasib AR dengan tema Keberhasilan NTB di Usia 56 tahun. (Disbudpar NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive