Be Your Inspiration

Wednesday 16 July 2014

Sebanyak 1.088 Siswa Lulus SBMPTN Unram


Lalu Wirasapta Karyadi
Sebanyak 1.088 siswa dari 32.912 pendaftar di 29 program studi dinyatakan lulus dalam penerimaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Univeristas Mataram (Unram). Jumlah tersebut lebih banyak dari prediksi awal pihak Unram yang mencapai 1.039 orang siswa. 

‘’Jumlah tersebut lebih banyak dari gambaran awal jumlah kelulusan jalur SBMPTN mencapai 1.039 siswa,’’ terang Pembantu Rektor (PR) I Unram, Prof. Dr. Ir. Lalu Wiresapta Karyadi, M.Si,
di Mataram Rabu (16/7/2014).


Bertambahnya jumlah kelulusan pada jalur SBMPTN kali ini, disinyalir disebabkan oleh banyaknya peserta yang lulus pada jalur SNMPTN namun tidak melakukan daftar ulang karena tidak sesuai dengan pilihan kelulusan mereka.

‘’Ya, barangkali banyaknya yang lulus karena adanya pertambahan kuota dari 30 persen dari jumlah daya tampung akibat dari siswa lulus jalur SNMPTN yang tidak daftar ulang karena tidak sesuai pilihan.
Jadi ada siswa barangkali yang tidak pas dengan hasil kelulusan pada saat ikut SNMPTN makanya daftar lagi lewat jalur SBMPTN. Itu fenomena yang biasa terjadi,’’ terangnya.

Masih menurut Karyadi, bahwa sebanyak 1.088 siswa tersebut sudah termasuk ke dalam jumlah siswa yang akan menerima beasiswa perkuliahan pada program Bidikmisi yang mencapai 128 orang. Lebih jauh Karyadi berharap, seluruh siswa yang dinyatakan lulus SBMPTN agar melakukan proses daftar ulang sesuai dengan ketentuan Unram. Hal itu mengingat tidak sedikit siswa yang lulus pada jalur SNMPTN tidak melakukan daftar ulang disebabkan oleh pilihan jurusan yang dipilih berbeda pada saat kelulusan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Harapan kami, semua yang lulus agar melakukan proses daftar ulang. Karena kalau tidak, secara langsung dianggap gagal. Atau barangkali kalau misalnya tidak daftar ulang karena pilihan kelulusan tidak sesuai lagi, ada jalur ke tiga yaitu jalur Mandiri baik reguler pagi ataupun reguler sore,’’ katanya.

Peluang masuk ke sana bisa besar karena untuk jalur Mandiri reguler sore kuota yang kita sediakan sebanyak 100 persen terlebih. Karena ada jurusan tambahan yaitu Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Sosiologi, Pendidikan Sosiologi dan Farmasi. ‘’Sementara dua program vokasi perkuliahan di luar domisili yaitu KLU dan Bima” terang Karyadi. (suara ntb)
Share:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive